12 November 2011

Memahami Lebih Dalam YIN-YANG PANAS-SEJUK

Memahami Panas-Sejuk, Yin-Yang tidak sesimple yang dibayangkan. Padahal, penjelasan yang kemarin-pun buat sebagian orang sudah dianggap rumit. Saya bermaksud menjelaskannya dalam kajian THS Lanjutan tanggal 3 Desember, bersamaan dengan materi Bekam Kepala. Namun saya khawatir, jika tidak dijelaskan, akan menimbulkan miss-persepsi. Padahal, tidak semua bisa menghadiri THS Lanjutan 3 Desember.

Saya tampilkan ulang Tabel Makanan berdasarkan Yin-Yang, yang pernah saya posting sebelumnya.


Saya akan memberikan penjelasan simple saja dalam posting kali ini, untuk merangsang rasa ingin tahu lebih besar terhadap konsep pengobatan holistik ini.
  • YIN dan YANG adalah 2 hal yang saling komplement (melengkapi) sebagaimana siang-malam, lelaki-perempuan, dan bukan sesuatu yang berlawanan-kontradiktif. Tidak ada yang murni YANG atau murni YIN.
  • Kondisi Yang bisa jadi disebabkan karena YIN yang lemah, atau YANG terlalu kuat. Sebaliknya kondisi YIN, bisa disebabkan karena YIN terlalu kuat, atau YANG terlalu lemah. Kalo YIN dan YANG nya sama-sama lemah, disebut NETRAL juga, tapi netral yang sudah mau mati. Yang baik adalah YIN dan YANG nya tumbuh secara sehat dan seimbang.
  • Cukup sulit membuat tabel di atas secara tepat. Contoh daging sapi dan unggas, yang ditumbuhkan dalam peternakan modern, mengalami penurunan YANG yg signifikan, bahkan bisa cenderung Yin, dibandingkan dengan unggas dan sapi yang tumbuh besar di alam liar. Hal ini bukan berarti baik, melainkan justeru kehilangan unsur YANG yang cukup penting.
  • Di tambah lagi, kehidupan modern, yang banyak polusi, radiasi elektromagnetik terutama pada ponsel, TV, pemancar radio, bahan-bahan pengawet, dimana dalam tabel di atas bersifat EXTREME YIN. Lebih tepat yang terjadi adalah, terjadi penurunan YANG secara ekstrem.
  • Sehingga dalam kondisi dewasa ini, manusia lebih banyak mengalami kondisi YIN, atau mengalami defisit YANG!
  • Dalam tabel di atas, babi adalah EXTREM YANG. Yang sebenarnya adalah babi akan menguras unsur YIN. Unsur YANG adalah fisikal, sedangkan unsur YIN adalah spiritualitas. Maka orang yang makan babi, akan mengalami defisit spiritualitas yang parah.
Perhatikan tanya jawab di bawah ini :

Kondisi dewasa ini yang banyak polusi dan radiasi (YIN) bisa donk diatasi dengan makan babi (YANG)?!

Tidak!! Karena polusi dan radiasi menyebabkan defisit YANG, sedangkan makan babi menyebabkan defisit YIN. Maka, jika terjadi kedua-suanya (polusi/radiasi dan babi) akan defisit dan melemahlah seluruh energinya.

Dalam kondisi polusi dan radiasi (YIN), makanan apa yang disarankan?

Yang disarankan adalah mengkonsumsi makanan-makanan bersifat YANG lebih banyak, dengan tetap mengkonsumsi makanan-makanan YIN dalam jumlah lebih sedikit. Herba terbaik yang bersifat YANG adalah Herba Tuju Angin, Habbatussauda dan Kopi Radix (Akar-akaran bersifat MODERATE-YANG).

Bagaimana menterapi orang yang YANG, pada kondisi lingkungan yang YIN (polusi dan radiasi)..? Dan apakah orang kondisi YANG tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan yang bersifat YANG?

Pemahaman ini sangat penting. Kondisi dewasa ini sangat jarang dijumpai bebas dari kondisi defisit YANG akibat polusi dan radiasi yang sangat luar biasa. Bahkan orang yang gejala-gejala tubuhnya menunjukkan kondisi YANG-pun tetap harus mengkonsumsi Herba Tuju Angin, Habbatussauda dan Kopi Radix, dalam jumlah yang lebih sedikit. Namun harus diimbangi dengan makanan dan herbal yang bersifat YIN dalam jumlah yang lebih banyak.

Pusing…? Tekadkan untuk memahaminya. Jika kita bisa memahami kaedah Panas-Sejuk ini, sebagaimana juga kaedah Asam-Basa, maka kita akan bisa hidup jauh lebih sehat, dan mampu mendiagnosa dan meresepi herbal lebih tepat kepada pasien.

Insya Allah kita bahas bersama dengan mendetil, di THS Lanjutan tanggal 3

No comments: